Senin, 19 Oktober 2020

penting !! penyebab terjadinya kesalahpahaman

Salah tangkap atau keliru dalam memahami pernyataan atau pembicaraan orang lain akan sangat  berbahaya dan berdampak resiko hingga bisa menimbulkan berbagai reaksi bagi yang bersangkutan. Diantaranya dapat menimbulkan perasaan tersinggung, fitnah dan melakukan kekerasan. 

Kesalahpahaman biasanya terjadi dikarenakan lemahnya daya tangkap berkomunikasi atau rapuhnya kemampuan berbahasa, baik dari penafsiran maupun kosakata yang bervariasi hingga terjadi tidak kesamaan makna, interupsi atau pemotongan informasi,  bahasa/lafal kurang jelas. Adanya kesalahpahaman  terjadi karena unsur ketidak tahuan yang dibalut dengan pengetahuan sepihak.

Mengutip seorang ahli bahasa terkemuka dari Amerika Tony Crowley, Samsuri (1998) menyatakan bahwa kekacauan berbahasa merupakan penyebab terjadinya kekacauan sosial.

Para tokoh elite suatu negara seperti pemuka agama, politikus, public figur dan sebagainya sangat berpengaruh apabila terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi dikarenakan pengikutnya yang begitu banyak sehingga terjadi kegaduhan atau pertingkaian antar kelompok. Oleh sebab itu mereka harus sangat berhati-hati ketika menyampaikan informasi dan berpendapat. Biasanya para elite negara memiliki penasehat khusus agar terhindar dari kesalahpahaman tersebut. 

Pada dasarnya penyebab terjadinya kesalahpahaman disebabkan memiliki realita yang berbeda. 

Realita setiap individu dikatakan subyektif karena setiap umat memiliki sudut pandang yang berbeda-beda berdasarkan pengalaman, budaya, agama,  dan lain sebagainya.

Kesalahpahaman adalah sebuah kegagalan yang wajar dalam berkomunikasi. Dikarenakan manusia bersifat sosial sehingga komunikasi akan terus lahir setiap saat dilingkungan masyarakat publik. 

Dalam kehidupan kesalahpahaman sangat sering terjadi, ada yang dapat diselesaikan dengan mudah, ada juga yang menjadi masalah berkepanjangan. 

suatu pola pikir tanpa dasar adalah suatu kesalahan/kebodohan yang dapat memicu konflik yang cukup berat kedepannya. Maka dari itu kita sebagai makhluk sosial harus melihat dari berbagai sudut pandang, dan informasi yang cukup guna meminimalisir terjadinya kesalahpahaman tersesebut.

Itulah secuil pembahasan yang coba gw kupas tentang "kesalahpahaman" sebenarnya masih sangat besar problematis tentang topik tersebut apabila ingin mengupasnya lebih dalam.  

Masalah komunikasi adalah masalah yang paling krusial terhadap kita sebagai makhluk sosial apabila terjadi "kesalahpahaman". Oleh karena itu jangan sepelekan. 
Ingat!! Akar penderitaan dan kekerasan itu bisa terjadi karena " kesalahpahaman" Maka berhati-hatilah. 

Semoga bermanfaat.  
See you!! 












Share:

1 komentar:

  1. Biasanya terjadi kesalahpahaman aku sama pacarku cuma gara2 nada bicara doang.

    BalasHapus